Berita

Kontak


Alamat :

Jl. Raya Bunder Pademawu Pamekasan

Telepon :

082337306545 - 085257879686

Email :

mtsn1.pameksan@gmail.com

Website :

www.mtsn1pamekasan.sch.id

Media Sosial :


BANNER




Profil MTs Negeri 1 Pamekasan

Madrasah Tsnawiyah Negeri 1 Pamekasan merupakan madrasah pertama di kabupaten Pamekasan yang berada di bawah naungan Kementrian Agama dan terletak di kecamatan Pademawu. Madrasah ini dirintis oleh tokoh ulama bernama K.H. Abd. Karim Yaqin yang berstatus sebagai pengasuh pondok pesantren di desa Bunder Pademawu.

Pada tahun 1966 mulanya lembaga pendidikan ini bernama MTsAIN (Madrasaha Tsanawiyah Agama Islam Negeri), kemudian terjadi perluasan madrasah menuju perubahan nama menjadi MTs Negeri 1 Pamekasan. Perkembangan madrasah tidak hanya sampai di sini, dua tahun kemudian ada seorang tokoh ulama bernama Bapak Moh. Muchtar dan keluarganya mewakafkan tanah untuk dibangun gedung sekolah yang ideal. Lahan tersebut berada di lokasi Jalan Raya Bunder, Pademawu, Pamekasan Dari disitulah dimulai proses pembangunan madrasah dengan lahan yang cukup luas.

Gedung MTs Negeri 1 Pamekasan diresmikan pada tahun 1978 oleh Menteri Agama RI yang pada saat itu dijabat oleh H. Alamsyah Ratu Prawiranegara. MTsN 1 Pamekasan ini diharap menjadi madrasah yang memiliki siswa unggul dalam keimanan ataupun ilmu pengetahuan. Hal ini selaras dengan visi madrasah yaitu “Unggul dalam imtaq dan iptek serta berkepribadian ahlaqul karimah yang peduli lingkungan”. Dalam rangka menjalankan visi tersebut tentu dibutuhkan misi yang selaras dengan tujuan madrasah yang dikemas dengan misi “Bermoto PINTAR (Presentatif, Interaktif, Nasionalis, Terampil, Atraktif, Religius). Visi misi inilah yang dijadikan pedoman oleh guru dan siswa dalam mengembangkan MTsN 1 Pamekasan menjadi madrasah yang lebih maju. 

Perkembangan madrasah terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun berikutnya. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian akreditasi A melalui surat keputusan Nomor: 1523/BAN-SM/2019.  Selain itu juga didukung dengan meningkatnya pembangunan sarana dan prasarana di lingkungan MTsN 1 Pamekasan. Bapak Malik Rasyidi, S.Pd selaku kepala sekolah saat ini menuturkan bahwa tercatat banyak sarana dan prasarana yang terpenuhi sebagai penunjang dalam proses pembelajaran siswa diantaranya ruang kelas, laboratorium komputer, laboratorium IPA, ruang band, perpustakaan, kantin kejujuran, aula, sarana olahraga, musolla, asrama putra, jaringan internet, UKS, taman, ruang BK, toilet, dan parkir kendaraan. Dalam perkembangannya pula, MTs Negeri 1 Pamekasan di tahun 2021-2022 terdapat kemajuan di bidang pembangunan, yaitu area yang digunakan untuk kepentingan siswa-siswi dan keperluan lainnya. Seperti, perbaikan Aula, pembuatan dan perawatan taman ( kolam ), akses jalan menuju kantin, taman baca dan pembangunan fisik lainnya yang diperbaiki oleh pihak madrasah.

Perkembangan madrasah bukan hanya terlihat dari segi pembangunan saja, namun juga dari kuantitas dan kualitas siswa. Saat ini tercatat sudah ada 610 siswa dengan jumlah laki-laki sebanyak 284 dan perempuan sebanyak 326. Di samping itu, untuk meningkatkan kualitas siswa dibentuklah berbagai macam kelas sesuai tingkat kemampuan masing-masing siswa. Kelas tersebut dibagi menjadi lima macam yaitu kelas unggulan akademik, kelas unggulan non akademik, kelas tahfidz, kelas komputer, dan kelas reguler. Pembagian kelas ini diharapkan dapat menunjang perkembangan potensi siswa yang sama-sama memiliki minat dan bakat yang serumpun sehingga siswa satu dengan lainnya dapat bekerja sama untuk saling meningkatkan kualitasnya.

Melalui pembagian kelas di atas, maka diadakan beberapa program unggulan yaitu pembinaan intensif baca tulis Al-Qur’an dan ibadah serta SKUA, pembinaan intensif tahfidz, dan pembinaan akademik dan non akademik. Madrasah ini bukan hanya menfokuskan pada bidang akademik saja, namun juga non akademik seperti pembinaan kegiatan ektrakurikuler. Banyak sekali ekstra yang dijalankan di madrasah ini yang berasal dari berbagai macam bidang yaitu pramuka, PMR, olahraga, teater, band (musik islami), al-banjari, tartilul Qur’an, tilawatir Qur’an, patroli keamanan madrasah, kaligrafi, paduan suara, dan musik daul. Kegiatan ini diadakan sebagai pendukung bakat siswa di luar pembelajaran akademik.

MTsN 1 Pamekasan tentu akan mengalami perkembangan untuk menuju lembaga yang lebih maju. Banyak harapan dan tujuan yang belum terlaksana dan akan dicapai di masa mendatang. Salah satunya, MTsN 1 Pemakasan saat ini sedang merintis untuk menuju madrasah Adiwiyata tingkat Nasional, yaitu madrasah yang menjalankan proses pembalajaran berbasis pada kepedulian alam dan lingkungan sekitar. Sehingga ditinjau dari bidang kesehatan akan lebih berwawasan lingkungan demi mendukung lingkungan pembelajaran peserta didik yang lebih berkualitas. Dengan demikian, peserta didik didik dan pendidik MTsN 1 Pamekasan bukan hanya memiliki nilai kemanusian, namun juga kepedulian sosial dan lingkungan alam sekitar.